Anda suka jalan-jalan berkeliling Nusantara? Sudahkah Anda memasukan Pulau Bali sebagai salah tujuan wisata? Jika belum, Anda patut menambahkannya dalam daftar tempat wisata. Keindahan pulau Bali tentu tidak kalah menarik dengan pulau-pulau lain yang ada di Nusantara. Pulau Bali merupakan Indonesia Bagian Tengah dengan Ibukota Denpasar.

Pulau Bali juga sering disebut Pulau Dewata yang kental dengan kebudayaan Hindu. Bila Anda berniat berlibur ke Bali, Anda bisa memulainya dengan mencari tahu terlebih dahulu bagaimana rute perjalanan ke sana.

Terdapat banyak transportasi umum yang dapat Anda manfaatkan seperti kereta, pesawat, atau kapal. Kemudian, Anda menentukan tanggal yang tepat dengan segala perkiraan libur nasional, libur sekolah atau kuliah, dan panjangnya waktu cuti yang diberikan.

Sudah mantap memilih tanggal dan menentukan rute perjalanan? Nah, sekarang saatnya Anda untuk mencari penginapan yang sesuai dengan kantong Anda. Bila Anda berpergian dengan teman-teman dalam jumlah banyak, maka disarankan Anda untuk menyewa home stay atau villa karena lebih hemat biaya. Namun tentu ada kekurangannya yakni segala kebutuhan rumah harus Anda tanggung sendiri.

Salah satu tempat yang bisa Anda jadikan pilihan menginap yaitu Griya Ayu Bali Homestay yang berada di Jalan Pulau Ayu XV nomor 9B. Home stay ini memiliki tiga kamar tidur yang bisa memuat hingga 14 orang. Satu kamar besar dilengkapi AC dan tiga tempat tidur, satu kamar lagi dilengkapi satu tempat tidur kecil dan kipas angin, dan satu kamar lainnya dilengkapi dua tempat tidur dan AC.

Kamar ini menyediakan fasilitas air putih, kompor gas, perlengkapan makan dan memasak, kulkas, dua kamar mandi, serta ruang tamu. Selain itu, Griya Ayu Bali bersebelahan dengan warung jadi ini memudahkan Anda untuk berbelanja kehidupan sehari-hari. Jangan khawatir jika bangun pagi Anda lapar, karena di dekat home stay terdapat “Warung Makan Bu Desak” yang dapat Anda nikmati dengan harga Rp 8.000. Menariknya, menu di warung ini bisa Anda pilih sendiri sesuai selera.

Home stay ini terletak di jalan utama yaitu jalan Teuku Umar. JIka dari Bandara Internasional Ngurah Rai, Anda bisa menyewa mobil atau taksi dan dapat ditempuh dalam 20-30 menit dengan lalu lintas lancar. Jika Anda memilih rute dengan menyeberang laut maka berangkat dari Pelabuhan Gilimanuk, Denpasar ke home stay adalah empat jam atau sekitar 130 km.

Rekomendasi di atas merupakan penginapan dengan jumlah tampung yang banyak. Kini, bila Anda ternyata berlibur dengan keluarga atau dengan jumlah yang sedikit maka Anda bisa menginap di Grand Inna Kuta tepatnya di Jalan Pantai Kuta nomor 1 Banjar Pande Mas Kuta. Anda bisa booking hotel di destinasi wisata.

Letaknya yang dekat dengan pantai Kuta menjadi kelebihan dari Grand Inna. Desain interior yang dipamerkan begitu sederhana dan terlihat stylish. Anda bisa memilih tipe kamar sesuai dengan keinginan. Adapun yang ditawarkan tipe suite, family room, pool/sea view, dan pool access. Harga kamar dimulai dari Rp 1,2 juta.

Setiap kamar diberikan fasilitas pelengkap seperti water heater, hair dryer, TV, mesin pembuat teh dan kopi, air mineral botol, bathtub, sofa, lemari, dan free wifi. Selain itu, Anda akan terbawa suasana sejuk dan tenang karena kolam renang dikelilingi oleh pohon kelapa dan terdapat mini bar dekat kolam.

Selanjutnya setelah memilih penginapan Anda wajib menentukan objek wisata yang akan Anda kunjungi. Jika Anda berjiwa petualang, maka jarak tak akan menjadi masalah. Beberapa wisata yang bisa menjadi rekomendasi ialah pantai Pandawa, Dream Land, Padang-padang, Blue Point, dan Tanah Lot serta uji adrenalin dengan water sport di Tanjung Benoa.

Bosan hanya bermain air? Anda bisa juga berkunjung ke Kintamani, Pura Besakih, Uluwatu, Museum Blanco Ubud, Garuda Wisnu Kencana, dan masih banyak lagi. Jangan lupa membawa kamera karena setiap momen tidak akan terulang kembali di lain waktu. Pastikan untuk mencari tahu lebih dahulu harga tiket masuk sehingga Anda punya perkiraan budget wisata.

Biasanya hal lain yang dilakukan saat bertualang ke luar kota adalah berburu kuliner. Apakah Anda pernah mendengar Ayam Betutu Gilimanuk? Ya, ini merupakan menu yang selalu dicari wisatawan. Bahan pembuatan ayam betutu sederhana dan jelas berbeda dari cara memasak orang lain pada umumnya ketika membuat ayam panggang.

Ayam betutu menggunakan bahan dasar ayam kampung yang dimasak dengan rempah-rempah dan cabai merah. Kemudian dibungkus dengan daun pisang dan alumunium foil yang bertujuan agar aroma daun pisang tercium dan ayam pun siap untuk dipanggang dalam oven sampai matang. Bagi Anda pecinta pedas tentunya tidak akan melewatkan kuliner yang satu ini.

Selain ayam betutu, Anda dapat menambahkan Nasi Jinggo, Tipat Blayag, Sate Lilit, Lawar Kuwir, Rujak Kuah Pindang, Serombotan, Nasi Campur Ayam Bali, dan Nasi Tepeng dalam list kuliner. Ada baiknya Anda browsing atau bertanya pada orang terdekat mengenai tempat makan yang menjadi idola wisatawan supaya Anda tidak menyesal nantinya.

Tujuan akhir yang seringkali bisa membuat wisatawan pusing ialah mencari oleh-oleh untuk keluarga, teman atau kekasih. Anda bisa mengunjungi Pasar Sukawati, Krisna, Pasar Seni Kuta, Pasar Kumbasari, dan Pasar Badung.

Bagaimana? Sudah siapkah Anda berlibur ke Bali? Ups, jangan lupa juga ya untuk mempelajari kehidupan budaya di Bali, itu penting sekali karena setiap daerah memiliki aturan yang berbeda-beda. Selamat berencana!

Kunjungi Link Artikel Terkait:

https://republikwisata.com/oleh-oleh-khas-serang/

https://republikwisata.com/oleh-oleh-khas-gorontalo/

https://republikwisata.com/oleh-oleh-khas-jakarta/

https://republikwisata.com/oleh-oleh-khas-jawa-barat/

https://republikwisata.com/oleh-oleh-khas-bogor/

https://republikwisata.com/tempat-wisata-di-kepulauan-aru/

https://republikwisata.com/tempat-wisata-di-pulau-seram/

https://republikwisata.com/tempat-wisata-di-ambon/

https://republikwisata.com/tempat-wisata-di-tual/

https://republikwisata.com/tempat-wisata-di-maluku-utara/